Orientasi umum: Upaya membekali mahasiswa dengan pengetahuan umum, menyiapkan mahasiswa untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dan pembentukan keterampilan agar mahasiswa dapat berkarya secara efektif dalam masyarakat.
Orientasi Intelektual: Pembentukan sikap akademik pada peserta didik melalui pengenalan terhadap profesi, penelitian dan metode yang telah baku. Membentuk kemampuan menganalisis suatu masalah dan mensintesis ilmu pengetahuan yang berasal dari banyak sumber, pembentukan kemandirian akademik, dan memiliki sikap terbuka terhadap konsep baru.
Pembentukan Kepribadian: Membantu mahasiswa dalam mengidentifikasi tujuan akademiknya masing-masing, serta membantu mengembangkan cara untuk pencapaian tujuan tersebut. Meningkatkan percaya diri, kemandirian, dan meneladani hubungan kerja yang terbuka dan jujur.
Inovasi: Dimaksudkan sebagai suatu suasana dimana keinginan berinovasi merupakan suatu falsafah hidup. Ini berarti adanya suatu mekanisme dimana penemuan baru harus dapat dimasukkan pada kurikulum yang ada.