Profil

DEPARTEMEN TEKNIK SIPIL

FAKULTAS TEKNIK SIPIL & PERENCANAAN

UNIVERSITAS GUNADARMA 


 

 

1.       PENDAHULUAN

 

1.1.             Umum

 

Teknik Sipil biasa disebut sebagai teknik bangunan atau teknik prasarana, yaitu salah satu cabang ilmu Teknik yang ruang lingkupnya meliputi perencanaan, perancangan, pembangunan / pelaksanaan, pemberdayaan dan pemeliharaan berbagai macam bangunan. Bangunan yang ditangani oleh Teknik Sipil tidak hanya terbatas pada bangunan tempat tinggal, gedung perkantoran dan industri jasa, tetapi juga bangunan untuk pelayanan umum seperti halnya bangunan untuk pemanfaatan dan pengaturan air (bersih maupun kotor), prasarana angkutan seperti jalan darat, jalan air, jembatan, bandar udara, pelabuhan laut, dan sebagainya. Bahkan sekarang ini telah berkembang mencakup hal-hal yang berkaitan dengan aspek pengelolaan aset berupa pemberdayaan prasarana untuk penyehatan dan pelestarian lingkungan, juga tujuan tertentu yang memerlukan bangunan.

 

Walaupun bangunan merupakan kebutuhan yang tidak lepas dari kepentingan masyarakat luas, sehingga banyak pengaruh masalah sosial dan ekonomi, namun pendidikan Teknik Sipil lebih menekankan perhatiannya terhadap perhitungan tentang kekuatan, daya tahan, efisiensi, dan efektifitas dari berbagai macam bangunan berdasarkan kaidah sunnatullah. Selain itu pendidikan Teknik Sipil mencakup pengetahuan tentang macam dan sifat berbagai bahan bangunan, perhitungan struktur bangunan, menggambar untuk bangunan, pengaruh dinamika lingkungan terhadap bangunan, dampak eksistensi bangunan terhadap lingkungan dan pengetahuan tentang pelaksanaan pembangunan. Selain itu, dipelajari juga tentang analisis ekonomi dan hukum pembangunan, serta analisis bencana alam yang mungkin dapat merusak bangunan.

 

Perkembangan industri jasa konstruksi yang melaju dengan pesat dan cepat, seiring dengan perkembangan teknologi dan kondisi krisis serta tantangan yang muncul, seperti kecenderungan perekonomian yang berbasis informasi dan kecenderungan teknologi terutama dalam bidang telekomunikasi, transportasi dan tourisme dikarenakan adanya perluasan area industri dan bisnis secara global yang pasti menuntut pengembangan perguruan tinggi di Indonesia untuk dapat berperan aktif dalam memanfaatkan peluang, yaitu dengan mengisi kebutuhan tenaga kerja di pasar global melalui lulusan-lulusannya yang berdedikasi tinggi, berkualitas serta berwawasan global.

 

Kecenderungan adanya suatu tuntutan dari pasar kerja global tentang penentuan kualifikasi seorang lulusan untuk berpartisipasi di dunia kerja, dari tahun ke tahun semakin selektif dan ketat. Oleh karena itu semua institusi pendidikan tinggi di Indonesia sejak awal sudah harus mampu mengantisipasi dengan melakukan pembenahan diri, mulai dari penguatan program studi, yaitu menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi, memberikan perhatian terhadap peningkatan kualitas mahasiswa (skilled improvement) hingga penempatan kerja lulusannya (job placement).

 

Di satu pihak, kualitas pendidikan tinggi akan secara eksplisit menjelaskan harapan akan kualitas dan tingkat kompetensi lulusannya, sementara di lain pihak, penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi diharapkan dapat lebih mengarahkan dan membentuk karakter sarjana unggulan yang memiliki kemampuan tinggi dalam mengantisipasi segala perubahan maupun tantangan dalam berkarya di dunia industri jasa konstruksi.

 

1.2.             Khusus

 

Dengan memperhatikan tantangan-tantangan tersebut, maka Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan Universitas Gunadarma merasa terpanggil untuk mengambil langkah-langkah yang tepat guna memajukan dan meningkatkan mutu lulusannya. Dalam hal ini dituntut tersedianya sumber daya manusia yang unggul dan mampu eksis di kancah persaingan global. Oleh karenanya sangat diharapkan bahwa lulusan Departemen Teknik Sipil Universitas Gunadarma memiliki keunggulan berupa bekal ilmu teknik sipil yang luas dan mendalam dilengkapi dengan pengetahuan tentang information technology dan perangkat lunak (software), serta kemampuan berbahasa Inggris yang baik.

 

Untuk menjawab tantangan itu, telah dilakukan upaya nyata yaitu: meningkatkan kualitas dan kuantitas dosen dengan kualifikasi S-2, tersedianya fasilitas laboratorium yang terdiri atas Lab. Teknologi Bahan, Lab. Mekanika Tanah, dan Lab. Ilmu Ukur Tanah, yang kesemuanya itu menjadi sarana penunjang pendidikan yang sengaja dipersiapkan bagi mahasiswa agar lebih mampu meningkatkan kompetensinya dalam disiplin ilmu yang ditekuninya. Dengan demikian, sumber daya manusia yang dihasilkan oleh Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan Universitas Gunadarma diharapkan menjadi Sarjana yang unggul di bidangnya, dan selanjutnya menempatkan Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan Universitas Gunadarma sebagai center of excellence untuk ilmu teknik sipil di Indonesia.

AKREDITASI

Pada tanggal 21 September 2013 Jurusan Teknik Sipil Universitas Gunadarma mengajukan akreditasi ulang dan berhasil mendapatkan akreditasi A (baik sekali) berdasarkan 192/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S1/IX/2013. Nilai akreditasi berlaku selama 5 tahun.