Environmental Performance Index, Indonesia Masih Terpuruk

Global Environmental Performance Index 2014

Global Environmental Performance Index 2014

Kebakaran hutan, polusi perkotaan, dan penurunan kualitas air sungai merupakan contoh isu lingkungan yang sangat memprihatinkan di Indonesia. Mungkin generasi sekarang kurang peduli tentang itu, padahal dampak negatif yang luar biasa akan dihadapi oleh generasi mendatang. Kita jangan hanya hapal pepatah bahwa alam merupakan titipan anak cucu semata, namun harus ada upaya luar biasa agar lingkungan hidup di Indonesia tetap lestari.

20 Indikator EPI  untuk 9 kategori

20 Indikator EPI untuk 9 kategori

Kualitas lingkungan di Indonesia memang dikategorikan memburuk, bahkan jika dibandingkan dengan negara lain di dunia. Salah satu ukurannya adalah Environmental Performace Index (EPI) yang dipublikasikan oleh Yale University. EPI diukur dengan menggunakan 20 indikator yang dikelompokkan dalam 9 kategori isu yaitu: dampak kesehatan, kualitas udara, air dan sanitasi, sumber air, pertanian, hutan, perikanan, habitat dan biodiversitas, serta iklim dan energi. Contoh indikator untuk hutan adalah perubahan area hutan, yang untuk Indonesia terus menurun dari tahun ke tahun.

Skor EPI Indonesia

Skor EPI Indonesia

Indonesia mempunyai nilai EPI sebesar 44,36 dan menempati peringkat ke-112 dari 178 negara. Dua kategori yang nilainya erendah adalah kualitas sumber air dan area hutan yang semakin berkurang seperti terlihat pada gambar di atas. Skor EPI Indonesia untuk masing-masing indikator dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

EPI Indonesia 2014-Indicator

Post Your Thoughts


+ tujuh = 15