UG News

Arsitektur Tropis Kampus UG

Arsitektur Tropis adalah suatu konsep bangunan yang mengadaptasi kondisi iklim tropir. Letak geografis Indonesia yang berada di garis khatulistiwa membuat Indonesia memiliki dua iklim, yakni kemarau dan penghujan. Pada musim kemarau suhu udara sangat tinggi dan sinar matahari memancar sangat panas. Dalam kondisi ikim yang panas inilah muncul ide untuk menyesuaikannya dengan arsitektur bangunan gedung maupun rumah yang dapat memberikan kenyamanan bagi penghuninya dengan cara mengurai panas yang ada.


Pengasuh : Arif Rahman,ST.,MT

ARTIKEL SELENGKAPNYA
UGNEWS 169

 

 

Konsep Hunian Ramah Lingkungan (Green Building)

Perubahan iklim dunia menuntut manusia untuk segera mengantisipasinya. Adanya pemanasan global (global warming) yang mengancam kelestarian hidup manusia juga menjadi perhatian tersendiri. Kini, salah satu upaya yang  bisa dilakukan untuk mengurangi dampak dari pemanasan global adalah dengan menciptakan hunian atau bangunan yang ramah lingkungan atau green

building.Pengasuh : Arif Rahman,ST.,MT 

                                                                                          

ARTIKEL SELENGKAPNYA
UGNEWS 162

  

Struktur Bangunan Tahan Gempa,"Kearifan Arsitektur Lokal"

 

Bencana alam yang datang silih berganti membuat pilu. Bencana alam tersebut sebetulnyamerupakan fenomena alam biasa, yang sebenarnya biasa terjadi kapan dan dimana saja.Apalagi di Indonesia yang merupakan jalur rawan gempa bumi dan gunung berapi. Sayangnya, selama ini kita terlalu lambat merespon setiap kejadian - kejadian tersebut. Banyak korban meninggal dunia di dalam rumah mereka sendiri karena tertimpa bangunan tempat tinggal yang roboh akibat gempa.

 

 

 

ARTIKEL SELENGKAPNYA
UGNEWS 139